AC Milan Tersingkir, Totenham Melaju ke Perempat Final

Tottenham vs Milan. (Foto : Galery Dunia Jenius)

London – Hasil 0-0 lawan AC Milan pada leg kedua 16 besar Liga Champions, Rabu atau Kamis (10/3/2011) dini hari WIB, sudah cukup bagi Tottenham Hotspur untuk melaju ke babak perempat final. Mereka unggul agregat 1-0 setelah pada leg pertama berhasil mencuri gol di kandang lawan.

“Spurs” langsung menggebrak di awal. Tendangan kaki kiri Rafael van der Vaart pada menit kedua setidaknya berhasil memberi terapi kejut kepada lini pertahanan Milan.

Tiga menit berselang, Van der Vaart lagi-lagi mengancam gawang Milan yang dikawal Christian Abbiati. Beruntung, Abbiati masih bisa menahan usaha yang dilakukan gelandang asal Belanda tersebut.

Setelah susah payah mencoba membongkar pertahanan “Spurs”, Milan mendapat peluang pada menit ke-15. Tendangan bebas dari luar kotak penalti yang dilepaskan Zlatan Ibrahimovic membuat kiper “Spurs”, Huerelho Gomes, harus berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Peluang terbaik Milan terjadi pada menit ke-26. Pergerakan Alexandre Pato yang mengelabui Gomes diakhiri dengan umpan kepada Robinho. Robinho pun langsung menendang bola ke arah gawang yang sudah ditinggalkan oleh Gomes. Beruntung bagi “Spurs”, karena ada Wiliam Gallas yang berdiri di bawah mistar dan sukses menghalau bola yang mengancam gawang timnya.

“Spurs” sendiri terlihat kesulitan dalam menembus pertahanan Milan yang dikomandoi Alessandro Nesta. Para bek Milan tampil tanpa kompromi jika serangan dari para pemain “Spurs” datang.

Milan kembali mendapat peluang pada menit ke-31. Namun, Gomes berhasil mematahkan peluang Milan yang kali ini didapat oleh Pato.

Di babak kedua, permainan “Spurs” tak berubah. Pasukan Harry Redknapp mengandalkan Aaron Lennon di sisi kanan untuk memberikan umpan-umpan yang siap memanjakan Peter Crouch. Sayangnya, strategi ini belum menemui hasil akibat pertahanan yang disiplin dari bek Milan.

Sementara Milan tetap bertumpu kepada tridente mautnya, yaitu Zlatan Ibrahimovic, Alexandre Pato, dan Robinho. Sama seperti “Spurs”, serangan Milan selalu kandas di lini pertahanan akibat penampilan ciamik para pemain belakang tuan rumah.

Robinho mendapat kesempatan emas pada menit ke-66. Umpan terobosan dari Ignacio Abate langsung disambar Robinho dengan tendangan keras kaki kanannya. Tetapi, Gomes kembali tampil gemilang untuk mementahkan bola hasil tendangan Robinho.

Melihat hanya sisi kanan serangan yang bekerja, Redknapp pun langsung memasukkan Gareth Bale untuk menghidupkan sisi kiri serangan timnya. Yang menjadi korban adalah Rafael van der Vaart yang memang tampil kurang menggigit dalam laga ini.

Meski gagal mencetak gol, perubahan ini setidaknya berhasil mempertahankan kedudukan 0-0 yang membuat “Spurs” berhak lolos ke babak berikutnya.

Susunan Pemain
Tottenham:
Gomes; Corluka, Gallas, Dawson, Assou-Ekotto; Lennon, Sandro, Modric, Pienaar (Jenas 71); Van der Vaart (Bale 66); Crouch (Pavlyuchenko 83).

Milan:
Abbiati; Abate, Nesta, Thiago Silva, Jankulovski (Antonini 70); Boateng (Merkel 76), Flamini (Strasser 87), Seedorf; Pato, Ibrahimovic, Robinho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: