Khadafi Berhentikan Duta Besar Libya untuk PBB

Krisis Politik Libya

Presiden Libya, Mouammar Khadafi (Foto : Galery Dunia Jenius)

WASHINGTON – Pemimpin Libya Moammar Khadafi memberhentikan Duta Besar Libya untuk PBB yang membelot. Namun, PBB belum menerima langkah Khadafi tersebut.

“Khadafi telah menunjuk Ali Triki, mantan menteri luar negeri yang juga pernah menjadi presiden Sidang Umum PBB pada 2009-1010, sebagai perwakilan barunya di PBB,” jelas juru bicara PBB Martin Nesirky seperti dikutip AFP, Sabtu (5/3/2011).

Namun, Nesirky tidak menyebutkan apakah PBB menerima langkah tersebut atau badan internasional apa yang akan mengakui perwakilan sah dari negara yang sedang dilanda krisis tersebut.

Pemerintah Libya mengirimkan surat pada PBB pekan ini. Dalam surat tersebut dijelaskan, Pemerintah Libya tidak lagi mengakui Duta Besar Abdurrahman Shalgham, mantan menteri luar negeri Libya lainnya, dan deputi  Duta Besar Ibrahim Dabbashi sebagai perwakilan Libya di PBB.

Shalgham dan Dabbashi pernah memberikan pidato yang menyebut Khadafi sebagai tiran. Sebelum PBB mengeluarkan sanksi pada Khadafi pekan lalu, Shalgham dan Dabbashi juga memohon PBB memberikan tindakan tegas pada pemimpin Libya tersebut.

Pihak PBB belum mengeluarkan pernyataan atas langkah yang diambil Khadafi tersebut.

“Sekjen PBB Ban Ki Moon telah menerima surat dari Tripoli tersebut. Dalam surat itu tertulis bahwa Pemerintah Libya menunjuk Dr Triki sebagai perwakilan tetap Libya di PBB. Namun, sekretariat PBB masih mempelajari surat tersebut,” ujar Nesirky.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: