Profil Mulan Jameela

Mulan Jameela. (Foto : Galery Dunia Jenius)

Nama: Mulan Jameela

Nick Name: Mulan
Tanggal lahir: 23 Agu 1979
Status: Janda
Zodiak: Virgo
Lahir di: Garut
Debut: Album Ratu & Friends (2005)
Mulan Jameela, atau sebelumnya dikenal dengan Mulan Kwok, adalah salah satu penyanyi populer di Indonesia saat ini. Nama aslinya Wulansari. Dia punya bakat sebagai penyanyi sejak kecil. Mengawali karirnya sebagai penyanyi solo, Mulan sempat menerbitkan album solo pertamanya berjudul Kekal (2000). Tapi  album itu gagal di pasaran. Meski gagal, Mulan tetap bersemangat berkarir dari panggung ke panggung. Dia menjadi penyanyi kafe di Bandung, dan  bergabung dengan sejumlah grup band seperti Swara Coustic, Dimensi Band dan Bandung All Star.
Popularitasnya mulai menanjak, dan dikenal luas saat terpilih lewat proses seleksi vokalis duo Ratu di awal 2005. Mulan  menggantikan posisi Pinkan Mambo yang baru saja mengundurkan diri.
Debutnya bersama Maia Estianty di duo Ratu ditandai dengan album bertajuk Ratu & Friends. Album itu laku keras. Karakter suaranya unik, dan mampu menyedot perhatian lewat single Teman Tapi Mesra. Duo Ratu  kembali meraih sukses besar. Nama Mulan pun kian berkibar sebagai penyanyi papan atas Indonesia.  Album duo Ratu terjual lebih dari 400.000 kopi, dan mengukuhkan Ratu menjadi grup wanita paling sukses saat itu.
Tahun berikutnya, duo Ratu kembali merilis album No. Satu yang dengan hits populer Lelaki Buaya Darat dan Dear Diary. Seperti album terdahulu, album ini pun sukses terjual hingga 500.000 kopi pada minggu pertama sejak dirilis.

Pada 28 Mei 2007, Mulan resmi bergabung dengan Republik Cinta Management. Album solo perdana Mulan diluncurkan pada Januari 2008, bertajuk Mulan Jameela. Seperti judul album, Mulan pun tidak lagi memakai nama panggung “Mulan Kwok”. Album yang didominasi musik pop rock ini digarap oleh musisi Ahmad Dhani. Album perdana Mulan ini menelurkan sebanyak 4 buah hits, yaitu “Makhluk Tuhan Paling Sexy”, “Wonder Woman”, “Bukannya Aku Takut” dan “Jatuh Cinta Lagi”. Hanya dalam kurun kurang dari 2 bulan, album ini telah meninggalkan angka penjualan 75.000 kopi dan disemati platinum oleh EMI. Di tempat lain, Mulan juga dilirik oleh perusahaan raksasa telekomunikasi Malaysia, Maxis. Dalam beberapa bulan saja, Mulan telah mampu menerobos sejumlah nominasi penghargaan, bahkan ia menjadi satu-satunya solois Indonesia yang dinominasikan pada MTV Asia Awards 2008 di Genting, Malaysia.

Dalam kompilasi The Best Of Republik Cinta Artists Vol. 1, Mulan berkolaborasi dengan grup vokal Dewi Dewi pada single berjudul “Sakit Bukan Main” yang diluncurkan pada Agustus 2008.

Mulan juga berkiprah dibidang seni peran, dia memulai kiprahnya dibidang seni peran saat membintangi FTV “Primadona Mencari Surga” di tahun 2006, bersama Darius Sinathrya, Indra Birowo dan Aming. Di tahun 2007, Mulan membintangi sebuah sinetron berjudul “Pasangan Heboh” bersama Baim Wong. Beberapa judul FTV pun menyusul Mulan di tahun yang sama. Sementara pada layar lebar, Mulan membintangi sebuah film berjudul “Maaf Saya Menghamili Istri Anda” bersama Ringgo Agus Rahman. Untuk film perdananya, Mulan telah dinominasikan pada MTV Indonesia Movie Awards 2007 dalam kategori Breaktrough Actor/Actress.

ASMARA

Sejak menjadi seorang pesohor, kehidupan asmara Mulan banyak dicari. Mulan diketahui menikah dalam usia muda dan memiliki dua orang anak,  Tyarani Savitri dan M Rafly Aziz. Namun, mahligai perkawinannya kandas di tengah jalan. Mulan menjadi orang tua tunggal sambil berkarir.
Di tengah kisruh rumah tangga Maia-Dhani, Mulan santer dikabarkan sebagai orang ketiga. Apalagi lepas dari Ratu, Mulan masuk manajemen Ahmad Dhani membuat kedekatan hubungan keduanya semakin kencang.  Dengan tegas Mulan membantah. Mulan mengaku, setelah menjadi janda ia memang  memiliki kekasih, namun bukan dari kalangan musisi. Hubungan dengan kekasihnya, menurut Mulan atas persetujuan dua anaknya. Walaupun sangat sibuk Mulan berharap dirinya dapat kembali membina rumah tangga baru tahun ini. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: